...وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ ... قال الله : إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيما ... مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ ...

Sabtu, 21 Agustus 2010

Mandi junub setelah adzan shubuh di bulan suci ramadhan


Puasa Ramadhan adalah bagian dari lima rukun islam yang artinya merupakan suatu keharusan / kewajiban bagi setiap muslim untuk melaksanakannya terlebih ramadan sebagai bulan penuh rahmat, berkah serta ampunan.
maka sudah barang tentu kita sebagai muslim untuk mengetahui hal-hal yang bisa saja mempengaruhi sah,batal atau juga ke utamannya (afdzoliyah) puasa.
seperti contoh kasus di bawah ini yang di kutip dari http://www.majelisrasulullah.org/

hubungan dimalam hari. mandi junub setelah subuh??

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Limpahan keagungan cahaya Ramadhan semoga selalu menaungi Habibana yang saya cintai

langsung aja nih Bib. melakukan hubungan suami istri dimalam hari pada bulan Ramadhan. kemudian mandi junubnya setelah shubuh apakah boleh?? maksudnya apakah puasa Ramadhannya batal?? yang saya tahu waktu mendengar pengajian di Daarul Musthofa Petamburan dikatakan boleh.

namun abang saya minta saya menanyakan hal ini lagi kepada Habibana. karena ada teman kantornya yang bilang ngga boleh atau batal puasanya. orang itu sok pintar deh bilangnya sampe ngotot gitu Bib. hehe....

makanya saya tanya lagi ke Habibana dan mohon disertai dalil atau hukum yang kuat agar saya bisa print pertanyaan Habibana dan saya kasih ke teman abang saya.

Demikian pertanyaan.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
dari ami

Jawaban :

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Rahmat dan kelembutan Allah swt semoga selalu menerbitkan kebahagiaan pd hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan,
diriwayatkan dalam shahih Bukhari bahwa Rasul saw mandi junub setelah adzan subuh dibulan ramadhan, maka seluruh madzhab telah mengakui sahnya puasa orang yg belum mandi junub,

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a'lam

klik disini



ShoutMix chat widget
 

Modifikasi Blog Oleh Cah Penisihan