...وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ ... قال الله : إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيما ... مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ ...

Sabtu, 12 Juni 2010

Pemasangan Mizan


Pemasangan Mizan

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. beliau berkata: "Pada hari kiamat mizan (neraca amal) dipasang diatas beberapa tiang panjang, yang panjang setiap tiang adalah antara arah timur sampai arah barat, sedangkan mangkokan mizan adalah seperti luasnya bumi, sedangkan panjang dan lebarnya adalah sama, salah satu dari kedua mangkokan mizan itu berada disebelah kanan Arasy, yaitu mangkokan untuk kebaikan dan satunya lagi disebelah kiri Arasy, yaitu mangkokan untuk keburukan. Dan diantara mizan itu bagaikan gunung yang dipenuhi oleh kebaikan dan kejelekan. Pada hari itu sehari sama dengan 50.000 tahun hitungan didunia."

Rasulullah Saw. bersabda: "Didatangkan seseorang dengan membawa 77 sijil (buku perjanjian), yang setiap buku tersebut panjangnya adalah sejauh penglihatan. Didalamnya terdapat catatan kejelekan-kejelekan dan dosa-dosanya. Kemudian diletakkan beberapa buku itu dimangkokan mizan, maka dikeluarkan untuk orang ini sebuah kertas (catatan amal perbuatan) yang besarnya bagai satu jari, dan didalam kertas itu terdapat lafazh persaksian "Lailahaillallah" Kemudian kertas itu diletakkan pada mangkok yang lain, maka kertas itu dapat memberatkan atas timbangan seluruh dosa-dosanya. Sebagaimana firman Allah Swt.: "Maka adapun orang-orang yang timbangan amal baiknya lebih berat, maka ia berada didalam kehidupan yang diridhai." (Qs. Al-Qari'ah: 6-7).

Maksud dari perkataan berat timbangannya yaitu timbangan amal baik dan ketaatan (lebih berat) dibandingkan dengan amal-amal jeleknya. Dengan demikian, maka ia akan hidup dalam surga dengan kepuasan dan kebahagiaan.

Maksudnya kehidupan didalam surga yang diridhoi oleh Allah, Allah Swt. berfirman: "Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya, maka tempatnya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah ? Dialah api yang sangat panas." (Qs. Al-Qari'ah: 8-11).

¤¤¤¤¤

Daqoiqul Akbar Fii Dzikril Jannati Wan-Nar

Karya: Imam Abdirrahim bin Ahmad Al-Qadhiy

Alih Bahasa: Musa Turoichan Al-Qudsiy

Sumber :. http://dinul-islam.org/


ShoutMix chat widget
 

Modifikasi Blog Oleh Cah Penisihan